Dosen Jurusan Kebidanan FKUB Menggelar Pengabdian Masyarakat dengan Webinar

Infoone – Dosen Jurusan Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya gelar Webinar dalam rangkaian Pengabdian Masyarakat. Webinar ini dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema “Optimalisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) pada Aspek Maternal”.

Diikuti kurang lebih 14.000 peserta, mayoritas terdiri atas bidan dari seluruh provinsi di Nusantara. Webinar ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Kebidanan FKUB, yaitu Dr. dr. Bambang Rahardjo, Sp.OG(K). Dalam sambutannya, beliau menekankan tentang pentingnya 1000 HPK yang dimulai dari persiapan ibu sebelum dan selama masa kehamilan.

Terdapat tiga topik materi yang disampaikan pada webinar ini. Materi pertama terkait ‘Persiapan kehamilan’ disampaikan oleh Mergy Gayatri, S.S.T., MSc. Materi pertama mekankan tentang pentingnya persiapan kehamilan termasuk konseling prakonsepsi dengan bidan maupun dokter yang hingga saat ini masih tabu di Indonesia. Beliau juga menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pasangan beserta keluarga guna memiliki kehamilan yang sehat.

Masa sebelum kehamilan atau prakonsepsi sangat krusial karena banyak evidence menunjukkan bahwa persiapan kehamilan yang baik dapat menurunkan risiko kecacatan janin, kelahiran prematur, dan komplikasi lainnya pada bayi. “Persiapan kehamilan harus dilakukan oleh perempuan, pasangan, dan keluarga secara holistik yang terdiri atas persiapan biologis, psikologis, sosial, dan spiritual”, ujar Mergy Gayatri, S.S.T., MSc.

 Materi kedua dilanjutkan oleh Dr. dr. Sutrisno, Sp.OG(K) yang merupakan Ketua IDI Jawa Timur sekaligus Ketua Program Studi Magister Kebidanan FKUB. Di materi kedua ini, Dr. dr. Sutrisno, Sp.OG(K) membawakan topik mengenai ‘Pemenuhan Nutrisi pada Ibu Hamil’ yang menekankan pada pentingnya pemenuhan nutrisi, baik zat gizi makro maupun mikro pada masa kehamilan.

Pemenuhan nutrisi pada masa kehamilan memiliki pengaruh yang besar termasuk pada perkembangan bayi nantinya di mana nutrisi yang kurang pada masa kehamilan dapat menyebabkan Intra Uterine Growth Retardation yang memiliki dampak jangka panjang bagi generasi yang dilahirkan, termasuk  stunting. Pada masa kehamilan total energi yang dibutuhkan sebesar 77,000 – 80,000 kkal.

Dilanjutkan dengan materi ketiga, yang disampaikan oleh Dr. dr. Bambang Rahardjo, Sp.OG(K) dengan  topik tentang ‘Pemantauan Kehamilan’. Beliau menjelaskan bahwa terdapat beberapa pemantauan pada masa kehamilan, di mana buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) menjadi upaya standarisasi pelayanan maternal di Indonesia, termasuk pendeteksian komplikasi pada kehamilan.

Pemanfaatan buku KIA ini juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dikarenakan di dalamnya terdapat banyak sekali informasi dan edukasi seputar kehamilan bahkan mengenai anak.

Selama kehamilan juga perlu dilakukan deteksi dini pada penyakit menular termasuk HIV, sifilis, dan Hepatitis B yang pada akhirnya untuk menjaga keselamatan bayi.

Webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan pemateri. Peserta terlihat antusias akan topik webinar kali ini. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan berharap akan adanya webinar selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Polresta Malang Kota Datangi Korem 083/Bdj, Beri Kado Tumpeng di HUT TNI ke 76
Next post HUT TNI ke-76, Kapolda Jatim Beserta Pejabat Utama Kunjungi Mako TNI